handphone-tablet

Masjid Agung Ahmad Bakrie, Masjid Termegah di Asahan

Kisaran – Namanya Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran. Masjid ini adalah masjid yang terbesar dan termegah di Kabupaten Asahan, bahkan kabarnya termegah di Sumatera Utara.

Masjid Agung Ahmad Bakrie dibangun pada tahun 2011 dan mulainya pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertamanya oleh Abu Rizal Bakrie.

Masjid ini berdiri diatas lahan eks HGU PT Bakrie Sumatra Plantations (BSP) seluas 4 Ha.  Masjid Agung Ahmad Bakrie ini resmi digunakan sebagai tempat ibadah pertama kali pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2015, bertepatan dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Masjid Agung Ahmad Bakrie berada di ruas jalan lintas sumatera di Kelurahan Sidomukti, kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Lokasinya berseberangan dengan komplek kantor Bupati Kabupaten Asahan dan bersebelahan dengan Alun Alun Kota Kisaran dengan bangunan pendoponya yang unik.

Karena letaknya di Pinggir jalan Lintas Sumatera, pastinya Masjid ini selalu ramai dikunjungi masyarakat yang melintas di Kota Kisaran. Masjid ini juga masih terus berbenah dalam pembangunannya.

Masjid Agung ini terdiri dari 3 Lantai serta 4 Menara. Lantai pertama merupakan tempat wudhu beserta kantor bagi para pengurus Masjid Agung Kisaran ini. Kamar mandi untuk wudhu juga begitu luas.

Pada lantai 2 dan 3 merupakan bangunan utama masjid yang digunakan untuk beribadah pada umumnya. Pada lantai 2 tepatnya bagian utama masjid ini begitu terasa budaya Melayunya. Beberapa bagian masjid seperti pada Jendela, di desain dengan gaya melayu.

Jika dilihat dari luar serta dikejauhan, Arsitektur Masjid Agung Kisaran ini mirip dengan Taj Mahal yang ada di India.

Pembangunan masjid ini bersamaan dengan pembangunan kawasan disekitarnya termasuk pembangunan taman kota dan Alun Alun Kota Kisaran, nantinya di komplek masjid ini juga akan dilengkapi dengan Islamic Center, Perpustakaan serta tempat persinggahan bagi para musafir. Pembangunan komplek ini sejaran dengan visi dan misi Pemkab Asahan yakni “Terwujudnya Asahan Yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri”.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rencana pembangunan masjid Agung bagi kabupaten Asahan sudah digaungkan sejak masa kepemimpinan alm Bupati Risuddin sekitar tahun 2006, namun ide itu hampir tidak terlaksana karena membutuhkan dana yang begitu besar dan beberapa persoalan lainnya.

Di masa kepemimpinan Bupati Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, rencana pembangunan masjid Agung kembali digulirkan. Sebuah rencana yang sempat menimbulkan pro dan kontra. Namun pada akhirnya Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran dapat berdiri megah di kota Kisaran ini. Masjid yang mewah, megah dan Indah. Dan terdapat taman yang begitu luas yang disebut juga Alun-alun Kota Kisaran.

Pad saat Salat Idul Fitri 1437 Hijiriah pada 6 Juli 2016 lalu, Masjid Agung Ahmad Bakrie disesaki warga hampir lima ribuan jamaah. Ini sebagai bukti bahwa Masjid Agung ini merupakan salah satu Masjid yang mendapat tempat di hati masyarakat dan digunakan untuk menyiarkan agama Islam di Kabupaten Asahan.

Saat ini, Masjid Agung Ahmad Bakrie diharapkan akan menjadi penyiaran umat Islam dimana setiap salat Jumat, ribuan umat Islam selalu mendatangi Masjid Agung untuk melakukan salat, baik salat Jumat maupun salat lima waktu.

Semoga Masjid Agung Kisaran ini terus terjaga khususnya kebersihannya serta menjadi Masjid yang termegah di Sumatera Utara. (Payan)

REKOMENDASI :

Click to comment

Copyright © 2017 - PT Delik Media Siber

To Top